My Top Playlist

I have no idea harus nulis apa, jadi mending gua tulisin list lagu favorit versi gw sendiri. Mungkin ada yang menyukai lagu di dalam daftar ini, mungkin juga tidak, atau mungkin tidak mengetahui sama sekali. Nevermind. Ini kan versi gua sendiri. Oke, here are the list:

1. FROU FROU with "Must Be Dreaming"
 
 Image source: here
                                       
Ini lagu udah lama, dari sekitar tahun 2002. Duo elektronika asal Inggris yang terdiri dari Guy Sigsworth dan Imogen Heap ini menelurkan album "Details" yang gua akuin menjadi favorit gua sepanjang masa. Perpaduan duo musisi handal tersebut berhasil menciptakan karya-karya yang menurut gua sangat menakjubkan. Sayang mereka bubar, tanpa sempat menelurkan album kedua (tapi sempat membuat single).  Kini mereka berkarir dengan proyek masing-masing. But still... lagu Must Be Dreaming ini tetep menjadi favorit gua. Ever. Lagu ini berhasil menyelamatkan gua dari suntuk, penat, stres, dll. Vokal Imogen Heap yang unik membuat lagu ini tampil brilian.


2. IMOGEN HEAP with "Goodnight And Go"


Image source: here

Kalo tadi Frou-Frou, sekarang adalah mantan vokalisnya. Berkarir solo, kali ini Imogen Heap mencoba peruntungannya di kancah musik dunia. Album pertamanya, I Megaphone, belum berbicara banyak, namun di album kedua, Speak For Yourself, Imogen membuktikan musikalitasnya. Seolah-olah musisi Inggris ini ingin membuktikan kepada semua orang bahwa dia bukan hanya menyanyi, namun mampu menciptakan musik sendiri. Tanpa dukungan Guy Sigsworth, nyatanya Imogen mampu membuat hits, dan merambah pasar Amerika Serikat (pasar yang selalu ingin ditembus oleh semua musisi tentunya). Lagu ini diambil dari album Speak For Yourself, dan cukup tenar. Intronya sangat memorable, begitu pula liriknya. Sebuah komposisi yang disusun dengan rapi oleh Imogen. Good job

Baca juga: Tahapan Menyukai Sebuah Musik 

3. GOTYE with "Save Me
                  
Image source: here

Mungkin kalo mendengar nama Gotye, sebagian orang mengaitkannya dengan lagu Somebody That I Used To Know (feat. Kimbra) yang berhasil menggondol dua Grammy di tahun 2013 untuk Record Of The Year dan Best Pop Duo/Group Performance (i still remember that moment). Kenapa? karena emang lagu itu yang paling tenar. Tapi jika kita mendengarkan full album Gotye yang Making Mirrors, ada sebuah lagu yang entah kenapa begitu gua dengerin pertama kali, lagunya langsung nempel di kepala, dan membuat gua ingin mengulangnya terus-menerus. Lagu itu berjudul "Save Me". Gua merasa terkait dengan liriknya. So deep. Video klipnya juga keren. Gotye menurut gua adalah seorang musisi yang penuh talenta, dan dia benar-benar membuat sebuah musik yang penuh makna, bukan demi mengejar keuntungan semata. That's why i love this song.


4. AMY WINEHOUSE with "You Know I'm No Good"


Amy Winehouse wallpaper

Image source: here

Wanita eksentrik yang satu ini emang ga ada duanya. Memulai debut albumnya di tahun 2003, Amy terus berkarya, dan album Back To Black-lah yang mengantarkannya ke jalur sukses secara internasional. Amy Winehouse berhasil membawa lima Grammy di tahun 2008 (dari enam nominasi), dan itu sudah membuktikan kalau dirinya dipandang baik oleh kritikus musik. Meskipun lagu "You Know I'm No Good" tidak dinominasikan ke Grammy, tapi lagu inilah yang paling gua suka dari Amy. Vokalnya unik, dan genre yang diusungnya adalah soul, blue-eyed soul, R&B, jazz, campuran itulah. Sayang kecintaannya pada alkohol membuat nyawanya melayang di tahun 2011, padahal jika dia masih hidup, gua yakin dunia musik akan mendapatkan lagi berkah album-album berisikan lagu bagus darinya. RIP Amy Winehouse. Oya, Amy Winehouse juga memiliki style dia sendiri: rambut tinggi khasnya itu. Dan tatonya.


Baca juga: Menikmati Playlist Lagu yang Diacak Melalui Shuffle

5. SKRILLEX FEAT. SIRAH with "Bangarang"

  

Image source: here

Musisi pengusung EDM (electronic dance music) ini juga ga kalah eksentrik. Bernama asli Sonny John Moore, Skrillex mengolah musik elektronik menjadi sangat tidak ada duanya. Genre dia mencakup dubstep, electro house, EDM, post-hardcore, campuran itulah. Lagu Bangarang ini diambil dari album berjudul sama di tahun 2011. Coba deh dengerin lagu ini. Mungkin awalnya akan berpikir, "ini lagu apaan sih? Kagak jelas banget..." tapi lama-kelamaan didengerin... wow, dia memiliki gaya tersendiri dalam memainkan elektronic music. Ngga ngebosenin denger lagu ini. Beatnya yang menghentak membuat kita jadi bersemangat (atau gua doang yang ngerasa gitu?). Yang pasti pilihan gua tepat, karena lagu ini berhasil memenangkan Grammy untuk Best Dance Recording di tahun 2013, dan albumnya pun menang di kategori Best Dance/Electronica Album di tahun yang sama. Sebuah pencapaian yang fantastis. Ngga nyesel gua dengerin albumnya. Emang bagus.


Oke, itu dulu lima list. Sisanya dilanjutin di postingan berikutnya. Masih banyak lagu-lagu bagus yang menjadi favorit gua. 


-Bray-


Note: Lagu "Bangarang"-nya Skrillex Feat. Sirah mengiringi penulisan kali ini. Ga pernah bosen dengerin musik electronic dance yang satu ini.



Image source: here

No comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.