Musik Baru, Semangat Baru


Image source: here

Musik adalah salah satu ciptaan manusia yang sangat unik menurut gua, karena musik mampu menghantarkan semacam energi tersendiri (baik positif maupun negatif) ke dalam tubuh, dan itu semua masuk melalui telinga.

Kenapa gua membahas musik? Karena musiklah yang banyak berperan membangun kehidupan gua, mulai dari bangun tidur, beraktivitas seharian, hingga akan kembali tidur. Setiap harinya. Musik juga yang membantu gua melewati setiap tahapan kehidupan sejak kecil, jadi gua sangat berterimakasih kepada semua musisi yang mampu membuat hidup gua lebih berwarna dengan karya mereka.

Sebenernya, gua cukup menggemari berbagai genre, sebut saja: pop, dance, techno/electronica, country, folk, americana, R&B, jazz, klasik, hingga musik tradisional (untuk beberapa daerah tertentu). Tapi itu semua belum merangkum seluruh genre yang ada di dunia musik, karena tidak semua gua suka, dan lucunya, gua lebih tertarik musik produk internasional ketimbang lokal. Entah kenapa, please don't judge me wrong. Ada beberapa musisi lokal yang gua suka, dari mainstream sampe indie namun ga sebanyak gua suka musisi internasional. Gua tidak mencacat produk lokal. Masalah selera aja hehe.

So... kembali ke topik. Musik dapat merubah mood kita dalam sekejap. Jika kuping kita mendengar sebuah alunan musik yang menurut kita bagus, maka tanpa sadar tubuh akan mengeluarkan reaksi kimia yang menyebar ke seluruh badan (ini istilah gua doang, dari yg gua rasain selama ini), menjadikan kita senang, marah, sedih ataupun emosi lainnya. Apakah kalian ngerasa gitu juga? Atau jangan-jangan gua doang yang berlebihan dalam memaknai musik? Hehe.

Itulah sebabnya gua mendengarkan musik untuk menunjang aktivitas, meski tidak full. Dalam sehari pasti mendengarkan musik. Beneran, karena efeknya yang dahsyat itu, gua pun membuat schedule tersendiri kapan aja dalam sehari gua mesti mendengarkan musik.

Baca juga: My Top Playlist

Mungkin di antara kalian ada yang seneng dengerin satu jenis musik tertentu, itu sah-sah aja. Kembali ke selera. Tapi gua mau mengatakan bahwa ada begitu banyak genre di dunia ini (dunia ini luas bro), dan hanya terpaku pada satu genre saja.... well, tidak disarankan. Dengan memperluas area penerimaan kuping kita akan genre lain, maka kita akan menemukan "dunia" berbeda. Yang biasanya dengerin pop, coba melangkah ke R&B dan rap; yang biasa dengerin rock, coba melangkah ke country/american roots music, dan sebagainya.

Cobalah satu hari aja, dalam beberapa menit, dengerin genre yang berbeda. Kalau pertama kali mungkin masih aneh, tapi lama kelamaan kita akan menemukan pola dalam genre itu, dimana otak kita akan memprosesnya menjadi sebuah "kenikmatan". Mudah-mudahan, kalo udah kepincut sama satu lagu di satu genre, kalian akan penasaran untuk mencari lagu lain di genre tersebut. Dengan begitu, semakin luaslah wawasan musik kalian.

Gimana cara nemu genre tertentu? Oh come on, dunia sudah sangat terglobalisasi saat ini. Melalui internet, kita akan menemukan banyak musik. Coba melalui youtube, iseng-iseng dengerin satu genre, trus kalo klop, bisa download legal, atau cari CD-nya di toko (gua tidak menyarankan download ilegal). Coba juga searching di Google.

Mari memulai sesuatu yang baru, dan musik bisa jadi langkah awal yang sederhana. Musik baru bisa membuat semangat baru.


-Bray-

Note: Saat menulis ini, gua dengerin lagu "King" dari Years And Years untuk menambah semangat. Ga tahu musisi itu? Googling aja :-) siapa tahu bisa jadi favorit kalian.


Image source: here

No comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.