Manfaat Tidur Dalam Keadaan Gelap



Tidur adalah aktivitas yang akan selalu dilakukan oleh setiap orang, tidak mengenal usia, gender ataupun pangkat. Aktivitas yang satu ini tidak pernah absen dalam siklus hidup normal seseorang setiap harinya (kecuali dia melakukan aktivitas abnormal dengan tidak tidur seharian penuh... itu cerita lain). Tubuh kita sudah didesain kapan harus digerakkan untuk bekerja dan kapan harus diistirahatkan untuk "mengatur ulang" energi. 

Ada yang bilang kita harus tidur antara tujuh sampai delapan jam sehari, ada yang mengatakan pula kalau durasi tidak berpengaruh, yang lebih berpengaruh adalah kualitas tidurnya. Kedua hal tersebut ada benarnya. Apapun teori yang digunakan, toh setiap harinya sebisa mungkin gua akan mencoba mempraktekkan tidur antara tujuh sampai delapan jam sehari, meskipun dalam prakteknya sering kesulitan juga hehe. Pola aktivitas di zaman modern ini telah mengubah sebagian besar pola tidur masyarakat, termasuk gua. Belum lagi keberadaan alat elektronik semacam televisi dan gadget yang seolah-olah menjadi "a must see items" sebelum tidur.

Dulu gua selalu tidur dalam keadaan kamar terang. Neon Tubular Lamp (TL) 18 Watt menjadi item penerang di kamar, on terus sepanjang gua tidur. Hasilnya? Setiap pagi gua selalu merasa pusing & ga bersemangat, ditambah dengan ingatan tumpukan kerjaan di hari itu (jika hari kerja) yang harus diberesin. Rasanya pengen balik tidur dan melupakan semuanya. Sampai suatu hari, rekan kerja di kantor pernah bilang kalau sebaiknya lampu dimatikan saat kita tidur, bermanfaat untuk kesehatan.

Kemudian insiden tak terduga terjadi. Lampu di kamar rusak, tepat di malam hari. Karena merasa sia-sia mencari penggantinya, gua memutuskan untuk tidur dalam kondisi gelap. Awalnya sedikit ketakutan, karena biasanya ga pernah gelap. Tapi lama kelamaan nyenyak juga, dan... paginya pas bangun badan rasanya seger. Entah karena tidurnya ga kemaleman, atau emang karena perubahan lampu, entahlah... yang pasti itu merubah mindset gua: tidur sebaiknya dalam kondisi lampu mati. Ternyata emang manfaatnya bagus untuk kesehatan. 

Menurut ahli biologi Joan Robert (dari beberapa blog kesehatan), tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin saat tidak ada cahaya. Adanya cahaya atau sinar akan membuat produksi hormon melatonin akan berhenti (nah lho...). 

Beberapa fungsi hormon melatonin adalah:
* Meningkatkan daya tahan sel terhadap berbagai gangguan dari luar.
* Memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.
* Mempengaruhi kesehatan psikologis seseorang (terutama mood), dan meningkatkan kualitas tidur sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Nah itu rangkumannya. Penjelasan lebih detil bisa dicari sendiri di internet, biar lebih yakin. Intinya, gua sendiri telah mempraktekkan tidur dalam kondisi ruangan gelap dan bangun dalam kondisi segar sehingga siap memulai hari baru. Mungkin sebagian orang akan merasa takut kalau kondisi ruangan gelap, takut ada penampakan lah, takut mimpi buruk lah, takut ada penjahat dan sebagainya. Pahamilah bahwa semua ketakutan itu cuma ada di kepala kita doang. Berdoalah sebelum tidur dan yakin Allah akan menjaga kita selama tidur... insya allah tidur kita bebas dari segala gangguan. 

-Bray-

Note: Lagu "Sleep" dari Azure Ray mengiringi penulisan postingan ini.



7 comments

  1. Sekarang gue gak bisa tidur gelap. Bukan karena takut setan. Tapi tikus di rumah gue yang ini, kebangetan. Kalo gelap, si tikus malah kayak lagi tawuran. Berisik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak lagu donk..

      banyak tikus dirumahmu....uuuu
      gara-gara kamu...uu
      malas bersih...bersih, hehe..!!

      Delete
    2. Hehe, tikusnya malah banyak tingkah ya kalo gelap? :D

      Delete
  2. Mungkin sebagian orang yang sudah terbiasa, merasakan banyak manfaat jika tidur dalam keadaan gelap, tetapi tidak sedikit juga mereka yang lain yang justru tidak bisa tidur kalau lampu kamar dimatikan..

    jadi tergantung individu masing-masing yang merasakan, apa manfaat tidur dalam gelap, dan dalam terang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua udah ngerasain manfaatnya sendiri, jadi mungkin yang laen bisa coba. Tapi...ya, semua emang tergantung individu masing-masing, gua juga kenal beberapa orang yang emang ga bisa tidur kalo lampu kamar dimatiin :-)

      Delete
  3. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.