Mental Block


Image source: here

Sadar atau tidak, alam pikiran yang paling mendominasi kita adalah alam bawah sadar, bukan pikiran sadar. Presentasinya pun gak main-main, bisa 88% pikiran bawah sadar berbanding dengan 12% pikiran sadar. Begitu kuatnya pikiran bawah sadar ini, sehingga apa pun yang kita sugestikan ke dalam diri pribadi, maka itulah yang akan tampak dalam keseharian kita.

Apabila kita berpikir bahwa kita bisa melakukan sesuatu, maka otomatis alam bawah sadar kita akan memprogram tubuh kita untuk "berjuang" mewujudkan apa yang kita mau, sehingga kita pun dapat melakukan hal tersebut. Sebaliknya, apabila kita menanamkan "ketidakberdayaan", maka jangan harap tubuh kita akan merespon untuk "berjuang bisa", tapi hasilnya akan selalu "tidak pernah bisa".

Itulah kekuatan pikiran bawah sadar yang sangat efektif mempengaruhi cara kita bertindak sehari-hari.

Baca juga: Ketakutan Hanya Ada di Pikiran

Makanya, para motivator sukses biasanya selalu menanamkan sugesti "kamu pasti bisa" agar kita yakin bahwa kita bisa melakukan apa yang kita ingin lakukan. Hal ini berlaku untuk seluruh kegiatan, apa pun itu. Saat kita terjebak dalam mindset "tidak bisa" maka saat itulah mental block sudah mengambil alih. Mental block ini bisa diasosiasikan dengan "penghalang mental untuk bertindak". Penyebabnya macem-macem, bisa trauma masa kecil, kesalahan asuh dari lingkungan, ejekan, sugesti pribadi atau pihak lain, dan sebagainya. Kesemuanya menyusun sebuah dinding besar bagi diri kita, dinding negatif yang akan selalu menghalangi kita untuk bertindak positif.

Ini bahasan mental block sebenernya bisa meluas, dan gua pun bukan ahli dalam hal ini. Yang gua tahu dan ingin ditekankan disini adalah... jangan biarkan mental block menjadi penghalang kita untuk maju. Susah emang untuk ngilanginnya, bahkan untuk beberapa kasus membutuhkan bantuan psikiater. Tapi yakin aja, ngga ada sesuatu yang ngga mungkin. Hanya belum ditemukan solusinya. Itu aja.

Untuk saat ini... ingatlah bahwa pikiran bawah sadarlah yang banyak berperan dalam kehidupan kita, jadi pintar-pintarlah mengatur kekuatan pikiran bawah sadar ini. Jika tidak... bersiaplah diperdaya oleh pikiran kita sendiri.

-Bray-


Note: Iringan musik "Towers" milik Bon Iver mengalun manis sembari gua menulis ini. Bon Iver emang tahu bener gimana harus meracik musik indie folk dengan sangat brilian.


Image source: here

No comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger.